Saturday, 11 January 2014

Resolusi Funtastic, RF 2014


Resolusi ialah ketetapan hati, kebulatan tekad untuk mengambil sikap, melakukan tindakan, serta menunjukkan perilaku baru yang berbeda dengan yang sudah-sudah. Lazimnya yang baru ini lebih baik daripada yang dulu (definisi ‘resolusi’ yang ada di buku antologiku berjudul “Resolusi Hebatku”). Berhenti sejenak, mengevaluasi setahun yang sudah berlalu, menyiapkan target dan capaian yang ingin diraih pada setahun berikutnya. Selamat beresolusi, merenda diri untuk menjadi lebih baik lagi. Selamat beresolusi, baik secara pribadi, organisasi, maupun instansi. Kalau sudah menancapkan resolusi, langkah terpenting selanjutnya adalah take action with your passion to get your dreams.

Buat apa sih resolusi itu? Coba tanyakan pada diri masing-masing. Apa yang sudah kita perbuat untuk hari esok? “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan” (Q.S. Al-Hasyr: 18)

Benang merah dari sebuah resolusi adalah tindakan (action), atas apa yang sudah kita tekadkan, atas apa yang sudah kita bulatkan. Tindakan yang kitalah yang akan menjawab resolusi yang telah kita buat. Layaknya sebuah tanaman, juga masih memerlukan adanya pupuk, nutrisi dan unsur hara agar bisa berkembang menjadi tanaman yang sehat dan berbuah lebat menebar manfaat. Begitu juga dengan diri kita, jasad, hati, pikiran, dan rohani kita pun butuh energi sebagai sebuah salah satu kebutuhan pokok. Lebih jauh lagi melihat diri kita yang lain, saat kita berada di sebuah organisasi, berada di sebuah instansi, di situlah peran kita dibutuhkan. Kontribusi kita memerlukan tindakan untuk mencapai visi dari sebuah instansi tersebut.

Rumah fantastic sebagai bimbingan belajar juga memiliki resolusi yang disebut ‘Resolusi Funtastic 2014’. Berdasarkan musyawarah dan pertemuan (11/1/2014) RF harus mampu menjadi rumah kedua bagi para tentor (pengajar)nya, menjadi rumah yang nyaman, menyenangkan dan tempat berbagi (sharing) ilmu bagi siswa-siswi dan tentornya. Rumah yang mampu mengayomi sebuah keluarga. Sederhananya RF di tahun 2014 ini ingin menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah layaknya seperti sebuah keluarga yang bahagia, sejahtera dan penuh kasih sayang. Menjadi rumah yang sakinah (tenang, nyaman, dan rukun), menjadi rumah belajar yang mawadah (lapang, financial, sesuai dengan yang diinginkan), serta menjadi penuh dengan ‘rohmah’, rasa kasih sayang dengan mengedapnkan komunikasi yang bersifat terbuka dan saling memahami.

Bagaimana untuk mewujudkan hal itu semua? Jawabannya sama seperti benang merah dari sebuah resolusi yaitu tindakan (action) dari diri kita masing-masing. Perlu adanya komunikasi & koordinasi, cemilan, terbuka (ga ja’im), jam keluarga, bertanggung jawab dan hiburan (refreshing). Keenam poin inilah yang akan dilakukan dilakukan RF di tahun 2014 ini. Sederhananya, RF di tahun 2014 ini tergambarkan dalam bangunan rumah seperti yang ada di bawah ini. Bismillah, semoga kita semua bisa mewujudkan resolusi fantastic tersebut, yaitu menjadikan RF yang sakinah, mawadah, warohmah. Terus semangat funtastic, berkembang bersama dengan Rumah Funtastic sebagai pusat pendidikan karakter yang cerdas dan menyenangkan.


2 comments:

Rihadi adi said...

thanks tulisannya. sangat menginspirasi saya mas. moga Allah swt berkahi dan ridhoi resolusinya di tahun 2014 :)

Iin Amrullah Aldjaisya said...

Aamiin.... Terima kasih @Rihadi adi sudah berkunjung ke blog saya... semoga terinspirasi dan termotivasi