Saturday, 31 December 2011

KERETA 2012 (KEtetapan, REncana, dan Take Action)


Introspeksi diri, muhasabah, evaluasi dan merenungi diri dengan hati yang terdalam jauh lebih bermakna dibandingkan dengan bersenang-senang atau berhura-hura dalam mejelang detik-detik terakhir pergantian tahun. Ternyata waktu begitu cepat berlalu. Layaknya seperti sebuah kereta yang terus berjalan di atas rel menuju suatu tujuan yang pasti. Begitu konsistennya kereta dalam melangkah, dia tidak akan berhenti sebelum sampai pada lokasi yang dituju, begitu juga dengan waktu yang terus berputar dengan begitu istikomahnya dalam hitungan detik demi detik. Menit demi menit, jam demi jam, hari berganti hari, hingga bulan berganti bulan silih berjalan dalam setiap roda kehidupan. Rasanya baru kemarin aku menetapkan dan merencanakan perjalananku dalam rel kehidupan tahun 2011. Kini ternyata sudah berada di stasiun penghujung tahun 2011. Sudah banyak yang telah aku lakukan dalam sepanjang perjalanan ini. Padatnya aktivitas organisasi, akademik, hingga praktikum merupakan menu pokok setiap hari yang telah aku lalui. Selain itu sebuah pencapaian yang luar biasa juga telah aku capai dalam fase eksponensial dalam masa-masa semester akhir perkuliahanku. Prestasi-prestasi berhasil aku peroleh, PKL (Praktek Kerja Lapangan), menjadi Kormades (Koordinator Mahasiswa Desa) dalam KKN (Kuliah Kerja Nyata) hingga sejumlah perjalananku dalam ajang kompetisi ke luar kota telah aku raih pula. Ternyata dalam sepanjang tahun 2011 aku telah melalui 5 kota besar di Indonesia (Bogor, Surabaya, Makassar, Semarang, dan Yogyakarta). Tiada ku sangka dan tiada ku duga sebelumnya aku bisa mencapai semua itu. Semua ini adalah anugerah dan nikmat-Mu yang begitu agung. Syukur alkhamdulillah Ya Robbi atas limpahan rahmat dan karunia-Mu ini.

Demikian sepotong kecil perjalanan dan pencapaian keretaku di tahun 2011. Semua itu berawal dari mimpi dan impianku yang telah aku siapkan. Mimpi yang bermetamorfosis menjadi impian yang nyata. Ternyata bermimpi dan punya impian itu memang sangat mengasyikkan. Akan tetapi metamorfosis ini tak cukup sampai di sini, karena yang jauh lebih penting adalah bermetamorfoself (merubah diri ini menjadi manusia yang lebih berarti dan bermanfaat untuk orang lain). Upgrading diri, hati, dan pikiran dengan mengecharge kembali energi-energi positif untuk menuju perjalanan keretaku selanjutnya. Berhenti di stasiun cukup sejenak saja untuk mengevaluasi dan introspeksi diri dengan bahan bakar dan bekal yang kita miliki. Tak lupa juga aku harus menyusun strategi, perencanaan dan persiapan yang matang untuk melanjutkan perjalanan keretaku ini di tahun 2012. Bismillahirrohmanirrohim, perjalanan kereta 2012 siap diberangkatkan dengan 20 penumpang baru dan 12 penumpang pendukung menuju perjalanan keretaku selanjutnya.

Berikut 20 penumpang baru (harapan dan impian baru) yang akan aku tempuh dalam perjalanan keretaku di tahun 2012 nanti, yaitu sebagai berikut:
1. Menyelesaikan Seminar Proposal dan Skripsi (Tugas Akhir).
2. Menjadi Tim Formatur dalam menyusun kepengurusan UKMI 2012 (Unit Kegiatan Mahasiswa Islam) Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.
3. Menjadi Dewan Riset dalam kepengurusan UKMI 2012 (Unit Kegiatan Mahasiswa Islam) Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.
4. Menjadi asisten Mikrobiologi Lingkungan dan asisten Virologi di Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.
5. Menjadi pembimbing dan pengarah dalam kepengurusan BPW IKAHIMBI (Badan Pengurus Wilayah Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia) khususnya di wilayah Purwokerto.
6. Memberikan atau membagikan buku “Cinta Membaca” (antologi bukuku yang pertama) ke perpustakaan sekolahku (MI, MTs, SMA hingga Kampus dan semua UKM yang aku ikuti).
7. Menyusun dan membuat PKM-GT atau PKM-AI tahun 2012 dengan target membuat 2 karya bersama 2 kelompok.
8. Lolos PKM-GT atau PKM-AI dan menjadi finalis dalam PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ke-XXV tahun 2012.
9. Memenangkan berbagai ajang kompetisi ilmiah tingkat regional maupun nasional dan menjelajahi ke luar kota minimal 3 kota tujuan.
10. Membentuk sebuah komunitas peduli lingkungan kepada anak-anak sebagai bentuk pendidikan lingkungan sejak dini dan upaya untuk mengatasi global warming.
11. Menjadi motivator dan memberikan inspirasi serta motivasi kepada orang lain (terutama adik kelas)
12. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan score TOEFL minimal 550.
13. Menulis dan menerbitkan sebuah buku inspirasi dan motivasi hidup yang ku persembahkan bagi adik-adik kelas dan para pemuda pemudi Indonesia.
14. Menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mapres) tingkat Fakultas dan tingkat Universitas Jenderal Soedirman.
15. Lulus kuliah S1 dan wisuda dengan prestasi yang membanggakan.
16. Mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah S2 (dalam atau luar negeri).
17. Menciptakan sebuah lapangan pekerjaan tentang bidang Biologi yang dibutuhkan masyarakat.
18. Menjadi guru atau dosen serta menjadi orang yang bermanfaat untuk masyarakatku kelak.
19. Memilih dan menentukan pasangan hidup untuk berumah tangga.
20. Impian terbesar jangka panjangku adalah bisa membiayai dan berangkat haji bareng kedua orangtuaku ke Mekkah.

Demikian 20 penumpang baru yang merupakan target dan impianku baik yang jangka pendek maupun jangka panjang. Tentunya bukan sekedar impian dan target saja, akan tetapi harus diimbangi dan dibarengi dengan aksi yang nyata (take action), usaha yang maksimal, ikhtiar, tawakal, disiplin, manajemen waktu, manajemen hati, manajemen diri, meningkatkan kapasitas diri (meningkatkan iman dan takwa) dan juga selalu berdoa kepada Allah SWT serta bersyukur atas semua nikmat dan karunia-Nya yang begitu luar biasa dan tak terhingga banyak jumlahnya. Untuk itu dibutuhkan 12 penumpang pendukung yang akan membantu, menemani, dan mendukung dalam perjalanan keretaku ini. 12 penumpang pendukung ini merupakan kombinasi motivasi dan inspirasi yang telah menjadi motor penggerak dalam perjalanan hidupku ini, yaitu sebagai berikut:
1. Man jadda wajada (siapa yang bersungguh-sungguh, maka akan berhasil).
2. Khoirunnas anfauhum linnas (sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat untuk orang lain).
3. Alwaktu kassyaifi, inlam taqtho’uhu qotho’aka (waktu itu ibarat pedang, jika kamu tidak dapat menggunakannya maka ia akan menebas kamu).
4. Kullu nafsin dzaiqotul maut (setiap manusia pasti akan mencicipi/merasakan kematian).
5. Anywhere is 81554 (81554=BISSA yang merupakan kepanjangan dari Belajar, Istiqomah, Semangat, Sungguh-sungguh, dan Amal).
6. Iqro’ (bacalah). Membaca apa saja yang bisa kita baca, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis.
7. Okelah kalo begitu (yang merupakan jargon semester 5).
8. Zettai Dekiru (pasti Bisa) yang merupakan jargon semester 6.
9. Semakin Zettai Dekiru, Pasti Teyeng (pasti Bisa) yang merupakan jargon semester 7.
10. Maju Terus Pantang Menyerah (jargon Universitas Jenderal Soedirman)
11. Take Action, Build the Nation (Jargon acara Youth Power 2011 di UGM)
12. Take Action with Your Passion to Get Your Dreams.

Demikian sekilas launching untuk perjalanan keretaku di tahun 2012, yaitu sebuah kereta yang bernama KERETA 2012 (KEtetapan, REncana, dan Take Action) dengan 20 penumpang baru (harapan dan impian baru) dan 12 penumpang pendukung yang siap berangkat menuju perjalanan di atas rel kehidupan di sepanjang perjalanan 2012 nanti. Halangan dan rintangan pasti akan ku temui, godaan dan hambatan juga pasti akan mendatangiku, akan tetapi hebatnya kereta, walau halangan yang ada begitu menantang, dia akan terus berjalan menuju sebuah stasiun tujuan yang pasti. Dengan mengucap bismillahirrokmanirrokhim perjalanan keretaku siap berangkat dengan penuh optimisme, harapan, dan semangat yang menggelora. (Take Action with Your Passion to Get Your Dreams, Pasti Teyeng….!!!).

1 comments:

Anonymous said...

dahsyat in, buat toefl nya knp cma 550?knpa ga 700 skalian he.he.., oke deh sukses yo....ganbate kudasai ^_^