Monday, 3 July 2017

Jalin Silaturahim, Pererat Ukhuwah


Kuah opor dicampur ketupat
Biar sedap tambahin caysim
Siapa yang ingin rezekinya berlipat
Rajin-rajinlah bersilaturahim

“Barangsiapa ingin ditambahkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah menyambung tali silaturahim”. Begitulah hadits yang menerangkan tentang keutamaan silaturahim. Mengapa kita harus bersilaturahim?

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari silaturahim. Tentunya silaturahim hendaknya dilakukan bukan hanya saat lebaran saja, akan tetapi dilakukan setiap saat di bulan lainnya. Karena dengan silaturahim akan menjadikan kokohnya sebuah keluarga, eratnya persaudaraan, yang jauh menjadi dekat, yang dekat menjadi lebih erat dan yang belum kenal menjadi lebih akrab.

Seperti tahun-tahun sebelumnya di lebaran hari kedua ini kegiatanku adalah menghadiri acara Halal Bi Halal Keluarga Besar Bani H. Abdurrahman (keluarga besar dari ibuku). Tentunya tujuan utama kegiatan ini adalah mempererat tali silaturahim diantara keluarga besarku yang jumlahnya sudah ratusan ini.

Dari para sepuh, canggah, kakek, buyut, uwa, paman, cucu, cicit hingga keponakan berkumpul bersama dalam kegiatan HBH ini. Dari bapak, ibu, remaja, dewasa, hingga anak-anak ikut serta dalam kegiatan yang penuh kebersamaan ini. Setiap tahun keluarga besar ini jumlahnya terus bertambah dan bertambah karena ada yang menikah dan ada yang punya anak. Makanya event tahunan seperti ini harus terus dilakukan untuk menjalin silaturahim dan mempererat ukhuwah diantara kita semua.

Foto: sambutan mewakili pihak remaja (pemuda)

===============================================================


Makan siang di warung padang
Paling enak minumnya es krim
Siapa yang ingin umurnya panjang
Maka perbanyaklah silaturahim

Tidak hanya dipanjangkan umurnya, tapi juga diluaskan rizkinya. Sebagaimana sabda Nabi SAW: “Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahim”. Begitulah pentingnya menjaga silaturahim dan masih banyak manfaat yang lainnya.

Silaturahim mampu mendekatkan keluarga yang jauh. Yang jauh menjadi dekat, yang awalnya belum kenal menjadi lebih akrab dan yang sudah dekat menjadi semakin erat. Apalagi jika keluarga besar itu terus bertambah banyak personilnya seiring perkembangan jumlah keluarga tiap tahun terus meningkat. Karena ada yang menikah dan juga ada yang melahirkan anak.

Itulah yang saya rasakan lagi saat moment Halal Bi Halal Keluarga Besar Bani K.H. Ibrahim (keluarga dari ayah) yang tahun ini diadakan ke-18 kalinya. Sudah 18 tahun berganti rumah tiap tahunnya antara keluarga turki (turunan kidul) yang pegunungan dengan keluarga utara yang perkotaan. Meski belum semuanya lengkap hadir, moment HBH seperti ini menambah kehangatan dan kebersamaan bulan lebaran.

Keluarga yang di desa dan keluarga yang di kota yang jumlahnya ratusan bahkan mungkin ribuan (jika lengkap semua) berduyun-duyun datang di tempat ini. Mulai dari kakek, nenek, simbah, bibi, paman, uwa, lilik, buyut, cucu, cicit hingga para ponakan berkumpul semua dalam moment silaturahim ini. Semoga silaturahim ini terus terjaga dan bisa istiqomah. Rencana selanjutnya dari saya pribadi mau membuat buku profil Bani KH. Ibrahim beserta silsilahnya.

Foto: kali ini menjadi master of ceremony (mc)
https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f7f/1/16/1f60a.png

===============================================================



Jalan-jalan ke pantai widuri
Kalau panas minumlah es krim
Jika ingin umur panjang & banyak rizki
Maka perbanyaklah silaturahim

Lagi-lagi soal silaturahim yang banyak manfaatnya ini. Silaturahim tidak hanya kepada keluarga dan sanak famili terdekat saja, tapi juga kepada guru, ustadz, saudara, teman dan sahabat yang pernah bersama kita. Silaturahim mempertemukan sejuta rindu yang telah lama terpisahkan oleh ruang dan waktu

Silaturahim membuat ukhuwah akan terus merekah indah. Tali persaudaraan akan terus terikat menawan. Meski telah lama tak berjumpa, silaturahim hadir dengan membawa ragam cerita dan bernostalgia bersama. Mengenang masa-masa saat menjadi santri di pesantren ini.

Di jerambah ini terkenang kebersamaan saat mengaji dulu. Di madrasah teringat akan kegiatan belajar mengajar dan menimba ilmu kala itu. Belum lagi di bilik asrama yang telah menjadi tempat perjuangan dengan rekan-rekan santri yang lainnya. Halaman, kantor, lapangan, warung bu Atin, masjid agung dan semua tempat yang kita lalui dulu mempunyai kesan yang menawan. Rasanya ingin kembali memutar kenangan saat menjadi santri dulu.

Menjadi santri telah menjadikan para alumninya kokoh menghadapi kehidupan di masyarakat. Menjadi santri membuat pribadi mandiri, dan memahami arti hidup dan menebar kebaikan lewat jalan dakwah. Menjadi santri telah menjadikan alumninya bermanfaat dimana pun berada. Menjadi apapun profesinya, alumni santri mampu berpijak dengan prinsip yang diembannya untuk menjadi khoirunnas anfa'uhum linnas.

Foto: Halal Bi Halal Himpunan Alumni Santri Salafiyah Kauman Pemalang

===============================================================



Jika ingin air bersih dalam sumur
Untuk mengambilnya butuh tenaga
Jika ingin banyak rizki & panjang umur
Maka teruslah silaturahim dijaga

Silaturahim memang banyak manfaatnya. Selain kepada keluarga, sanak famili, guru hingga tetangga yang harus terus dijaga silaturahimnya, juga kepada kawan-kawan lama kita. Sahabat-sahabat yang dulu pernah satu sekolah bersama kita juga harus tetap kita jalin silaturahim dengan mereka.

Karena sudah lama tak berjumpa dengan mereka rasanya ada banyak perubahan dalam diri mereka. Meski sebagian sudah ada yang menikah dan berkeluarga tetapi moment reuni adalah kegiatan yang mampu membuat kita kembali bernostalgia mengenang masa-masa saat sekolah dulu bersama-sama.

Meski masing-masing sudah punya ragam kesibukan dan pekerjaan yang berbeda-beda pertemuan saat reuni atau perkumpulan sederhana ini mampu melahirkan spirit baru untuk menapaki jejak hidup selanjutnya. Saling berbagi cerita, berbagi pengalaman hidup dan bertukar pikiran dalam balutan canda tawa bersama mereka adalah sebuah ukiran kisah yang terjadi saat moment silaturahim alumni ini.

Terus berjuang sahabat-sahabatku. Untuk yang sudah berkeluarga semoga semakin sakinah mawadah warohmah dan dikaruniai keturunan yang sholeh-sholehah. Untuk yang masih jomblo semoga segera dipertemukan dengan jodoh terbaiknya...
https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f7f/1/16/1f60a.png๐Ÿ˜Š
https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f7f/1/16/1f60a.png๐Ÿ˜Šhttps://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f7f/1/16/1f60a.png๐Ÿ˜Š Aamiin yaa robbal'alamin.
.
.
#JalinSilaturahim
#PereratUkhuwah

0 comments: