Wednesday, 1 August 2012

Strategi Presentasi, Raih Juara KIMI 2012


video


-->
Rasanya dag dig dug der. Begitulah yang dirasakan saat hari pertama hingga sesaat sebelum menjelang presentasi Konferensi Ilmuan Muda Indonesia (KIMI) yang berlangsung di FMIPA Universitas Indonesia, (Depok, 12-14 Juli 2012). Terutama yang dirasakan oleh ketiga temanku yang merupakan adik-adik kelasku (Ucup, Ilham, dan Ryan) pasti lebih dahsyat rasanya. Maklum, mungkin bagi mereka event ini adalah yang pertama kalinya mereka ikuti untuk level di tingkat nasional, sedangkan bagiku ini merupakan suatu hal yang biasa karena sudah beberapa kali ikut event skala nasional seperti ini. Aku hanya bisa berbagi motivasi dan terus menyemangati mereka agar lebih percaya diri dan tampil maksimal dalam presentasi nanti. Ada suatu keberuntungan bagi kelompok kami, yang seharusnya kami maju presentasi di hari pertama, ternyata tiba-tiba ada tim lain yang minta tukeran jadwal (tanpa sepengetahuan kami sebelumnya), dan ternyata  kita dialihkan presentasinya di hari ketiga oleh panitia. Ternyata hal ini sangat bermanfaat bagi kami, karena kita bisa persiapan lebih maksimal lagi walau sudah persiapan juga sebelumnya dan kami pun mengubah strategi presentasi kami setelah dua hari melihat tim lain yang sudah maju dan mengamati tipe-tipe pertanyaan yang diajukan oleh juri.

Pagi hari menjelang detik-detik keberangkatan menuju tempat presentasi (Sabtu, 14 Juli 2012) adalah detik-detik yang menegangkan. Seperti biasa, sebelum berangkat ke lokasi kami sarapan pagi terlebih dahulu di kantin Asrama UI. Sambil menikmati sarapan, aku terus memotivasi mereka agar tetap semangat dan tampil maksimal nanti dalam presentasi sesuai dengan strategi dan kiat-kiat yang sudah kita latih tadi malamnya. Untuk lebih membakar aura semangat mereka aku memutarkan rekaman mp3 mars dan hymne Fakultas Biologi agar lebih merasuki sampai relung-relung hati yang terdalam, hehehe. Sambil menikmati sarapan, bait-bait kata demi kata dari petikan mars dan hymne tersebut pun mengalir sepanjang aliran vena dan arteri. Hingga akhirnya rasa percaya diri mereka pun semakin meningkat dan harus bangga dengan almamater tercinta. Berikut ini adalah petikan Mars dan Hymne Fabio Unsoed yang menjadi inisiator pendobrak semangat menjelang detik-detik presentasi. Mars dan Hymne Fakultas Biologi Unsoed yang ikut bergemuruh di kantin asrama Universitas Indonesia.

Membakar Semangat dengan “Mars dan Hymne Fakultas Biologi UNSOED”
v Mars Fakultas Biologi Unsoed
Putra-putri Fabio Unsoed…
Mantapkan cita-cita mulia…
Tuk mengangkat martabat menuju sejahtera…
Indonesia makmur dan jaya…
Walau rintang slalu menghalang..
Kembangkan tekadmu membaja..
Didalam karya nyata demi membangun bangsa..
Majulah almamater kita..
Disini ditempa, jadi cendekia..
Tuk bekal mengabdi negara..
Galang persatuan, membangun wiyata..
Itulah tujuan mulia…
Tetaplah jaya Fakultas Biologi…
Universitas Jenderal Soedirman…

(DOWNLOAD mp3 Mars Fakultas Biologi Unsoed)
v Hymne Fakultas Biologi Unsoed
Syukur kami slalu panjatkan…
Kehadiratmu oh Tuhan…
Putra-putri Fakultas Biologi
Universitas Jenderal Soedirman…
Amalkan dharma, wiyata tinggi…
Demi membangun ibu pertiwi…
Kembangkan karya tri dharma cendekia…
Demi kemajuan nusa dan bangsa…
Fakultas Biologi maju dalam karya…
Jayalah slalu fakultas kita…


(DOWNLOAD mp3 Hymne Fakultas Biologi Unsoed disini)

Secara bergantian, kami berempat berhasil mempresentasikan karya tulis kami sesuai dengan strategi yang sudah kita rencanakan sebelumnya.  Masing-masing individu mendapat jatah beberapa slide, sejak awal maju ke depan, kalimat opening presentasi secara berempat, hingga alur pergantian (dari tempat semula berdiri, maju ke depan tempat presentasi, hingga operator slide) semua sudah kami setting sebelumnya pada latihan tadi malam. Satu demi satu pertanyaan ketiga dewan juri dilayangkan kepada kami. Benar-benar sesuai prediksi yang sudah kita simulasikan pada latihan, pertanyaan dari juri-juri tersebut mudah kita jawab. Keempat dari tim kami semuanya ikut menjawab secara bergantian. Aku yang menguatkan jawaban mereka. Alhasil kekompakkan kami pun ikut terlihat disaat menjawab pertanyaan dari juri. Rasa senang ikut bersinar di hati kami, ketika mendapat pujian dari salah seorang juri terhadap karya tulis kami. Alhamdulillah, lega rasanya sudah melewati tahap presentasi. Karena tahap presentasi dan diskusi tanya jawab dengan juri inilah yang merupakan babak paling menentukan. Tinggal menunggu pengumuman pemenang dua hari kemudian.
           
            Keesokan harinya aku harus pulang lebih awal, karena harus mengerjakan penelitianku di laboratorium. Padahal seharusnya di UI masih 3 hari lagi. Alhasil aku pun pamit pulang duluan, dan ketiga adik-adik kelasku ini aku tinggal di UI, karena masih ada rangkaian acara hingga pengumuman dan penganugerahan ilmuwan MIPA AWARD.



            Detik-detik menjelang pengumuman pemenang pun tiba. Aku hanya bisa merasakan suasana kemeriahan puncak acara tersebut dari balik laboratorium mikrobiologi Fakultas Biologi Unsoed. Sambil bercengkrama dengan penelitianku, aku sempatkan menyimak pengumuman acara tersebut via kultwit lewat akun twitter panitia. Satu demi satu aku pantengin terus update twitter tersebut. Hingga tibalah pengumuman yang paling menegangkan (aku sambil membayangkan sedang berada di gedung pengumuman tersebut). Suasananya sangat menegangkan, penuh sensasi penasaran yang semakin menggebu, dan terdengar tepuk tangan yang sangat meriah ruah seisi ruangan bergema penuh gembira ketika disebut nama juara lomba karya tulis tersebut. Alhamdulillah wasyukurillah, tim kami mendapat juara 2 dalam LKTI Mipa Untuk Negeri (MUN) Konferensi Ilmuan Muda Indonesia (KIMI) Subtema Pendidikan. Berita terkait, klik tautan berikut: Tim Mahasiswa Fakultas Biologi Unsoed Berjaya dalamKonferensi Ilmuan Muda Indonesia (KIMI) MIPA Untuk Negeri 2012

0 comments: