Sunday, 29 September 2013

Gali Potensi, Raih Prestasi


video

Siapa Saya? Dari mana Saya? Sedang Dimana Saya? Mau kemana Saya? Apa tugas saya? Coba perhatikan ayat berikut: "Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh yang ma’ruf dan mencegah yang munkar dan beriman kepada Allah ...!’ (QS. Ali Imran [3] : 110). Seperti nasihat Kiai Rais, dalam Novel Rantau 1 Muara (karya Ahmad Fuadi) bahwa muara manusia adalah menjadi hamba sekaligus khalifah di muka bumi. Sebagai hamba, tugas kita mengabdi. Sebagai khalifah, tugas kita bermanfaat. Hidup adalah pengabdian dan kebermanfaatan.

Apa potensi yang saya miliki? Setiap manusia mempunyai potensi yang sama, dengan 3 potensi dasar (jasadiyah, ruhiyah, fikriyah). Apa bakat saya? Apa skill saya? Apa passion saya? Apa kemampuan saya? Carilah potensi terbesar yang kamu miliki, kalau sudah ketemu optimalkan potensi itu dan tekuni dengan sungguh-sungguh…!!! Maka prestasi pun akan mudah engkau raih.

Kemudian saya bertanya lagi kepada para peserta yang rata-rata adalah mahasiswa baru ini. Kenapa harus kuliah? Kenapa ikut berorganisasi? Kenapa ingin berprestasi? sebagian ada yang menjawab: mencari ilmu, menambah skill dan leadership, serta menambah rasa kepercayaan diri. Ya, jawaban itu benar semua. Jika kamu adalah mahasiswa baru, saya ucapkan selamat memilih berbagai pilihan itu. Mau pilih yang mana?

§  Menjadi mahasiswa yang “biasa-biasa” saja?
§  menjadi mahasiswa “kupu-kupu” (kuliah pulang – kuliah pulang)?
§  menjadi mahasiswa “kura-kura” (kuliah rapat – kuliah rapat)?
§  menjadi mahasiswa 3K (Kuliah, Kantin, Kos-kosan)? atau
§  menjadi mahasiswa yang hanya “fokus akademik” saja? (red-study oriented…).
(catatan: penggunaan kata dalam tanda “petik“ hanyalah istilah saja).
Kalau bisa sih seimbangkan semua: Akademik OK, Aktifis Organisasi OK, Asisten OK, Berprestasi OK, Berwirausaha OK, Berdakwah OK, dan Berkarya OK. Tapi, sekali lagi itu adalah pilihan. Maka, pilihlah yang terbaik untuk hari nanti, esok, dan masa depan nanti.

Tak ada rahasia untuk meraih sukses. Sukses itu dapat terjadi karena PERSIAPAN, KERJA KERAS dan MAU BELAJAR dari kegagalan (UPI-OSPEK 2008). Jika kamu ingin berprestasi dalam bidang tertentu, pilih sesuai bakat, pilih sesuai yang kamu sukai dan tekuni dengan penuh kesungguhan. Maka yang harus kamu lakukan setelah menentukan pilihan adalah terus berproses dalam kerja keras yang tekun, jika tersandung dengan kegagalan hadapi dengan sepenuh semangat tinggi dan sabar yang ekstra. Teruslah mencoba dan berani menghadapi setiap resiko yang ada.

Ada banyak wahana event yang bisa kita manfaatkan untuk melatih dan meningkatkan skill yang kita miliki (ini diluar akademik dan organisasi), seperti:
§  LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah)
§  Lomba Esai, Cerpen, dan sejenisnya
§  PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) meliputi: PKM-P, PKM-K, PKM-M, PKM-T, PKM-KC, PKM-GT, dan PKM-AI.
§  PMW (Program Mahasiswa Wirausaha)
§  Lomba karikatur, desain, dan sejenisnya
§  Program Hibah
§  Dan masih banyak lagi

Sekali lagi, carilah potensi terbesar yang kamu miliki, kalau sudah ketemu optimalkan potensi itu dan tekuni dengan sungguh-sungguh…!!! Maka prestasi pun akan mudah engkau raih.

0 comments: