Wednesday, 9 October 2013

Laporan “Prestasi Emas” Mahasiswa Fakultas Biologi Unsoed

I.     Prakata

Prestasi emas merupakan sekumpulan rekam jejak tentang sebuah capaian terbaik yang disusun dalam secakram laporan digital. Sebuah laporan yang disusun sebagai kado emas dalam “Dies Emas Fakultas Biologi Unsoed ke-50 tahun”. Laporan ini berisi tentang torehan “prestasi emas” mahasiswa-mahasiswi Fakultas Biologi Unsoed dari berbagai bidang, event dan kegiatan yang telah dicapai selama kurun waktu tahun 2011-2013. Dari mereka yang berani berkiprah. Berjejak mengukir sejarah. Baik di level lokal, nasional, hingga internasional.

Bermula dari latar belakang itulah, penulis (sekaligus berperan sebagai pembuat video tersebut) bermaksud berbagi inspirasi dan motivasi khususnya bagi adik-adik generasi penerus Soedirman Muda putra-putri Fakultas Biologi Unsoed dan umumnya mahasiswa-mahasiswi Universitas Jenderal Soedirman yang memiliki semangat tinggi dan motivasi untuk mengharumkan nama almamater sesuai dengan potensi dan kemampuan masing-masing. Selamat membaca dan selamat menyaksikan video singkat tentang Laporan Praktikum “Prestasi Emas” Mahasiswa Fakultas Biologi Unsoed.

II.     Metode Pengumpulan Data

Ide awalnya bermula ketika mengikuti acara jalan sehat dan temu alumni Fakultas Biologi Unsoed pada hari Sabtu, 21 September 2013. Pembuatan dan penyusunan laporan ini dilakukan dengan metode observasi di dunia maya dengan berselancar di websitenya kampus hayati yang memiliki jargon “semper excelcius pro proximo nostro” dan websitenya universitas yang memiliki jargon “world class civic university”. Pengambilan data dilakukan secara acak dengan mengetikkan beberapa kata kunci melalui kolom search engine pada kedua website tersebut.

III.     Hasil dan Pembahasan

Berdasarkan data dan informasi yang penulis telusuri di kedua website tersebut serta berdasarkan pengalaman dan data informasi yang penulis miliki, mereka yang telah berhasil mengukir, menorehkan prestasinya, berkarya, dan berbagai jenis event lainnya baik lokal, nasional dan internasional adalah seperti yang tertera dalam video di bawah ini:

video

Video tersebut bisa disaksikan juga di youtube dengan mengklik link berikut:


IV.     Kesimpulan dan Saran

Itulah sekilas tentang kiprah dan perjalanan mereka dalam menggapai prestasinya masing-masing. Mereka semua bisa berprestasi, berkarya dan meraih semua itu karena mereka telah mengoptimalkan POTENSI yang mereka miliki. Kalau mereka saja bisa, kalian juga pasti bisa seperti mereka. Sekarang, giliran kalian para generasi penerus Soedirman Muda yang melanjutkan dan meneruskan. Saatnya  yang MUDA BERKARYA dan BERPRESTASI. Gali potensi, raih prestasi…!!! Jangan takur mencoba. Beranikan diri dengan semangat tinggi. Miliki semangat juang seperti Panglima Besar Jenderal Soedirman, semangat “Maju Terus Pantang Menyerah”. Pilih yang kamu sukai dan minati, lalu tekuni dengan sungguh-sungguh. Pasti Teyeng…!!!
Selamat dies emas Fakultas Biologi Unsoed ke-50, semoga jaya selalu dan semakin “semper excelcius pro proximo nostro”. Bravo Biologi Unsoed….!!!

V.     Daftar Pustaka

Data, foto, dan informasi yang teretera dalam laporan tersebut bersumber dari website www.bio.unsoed.ac.id dan www.unsoed.ac.id ditambah dengan beberapa dokumentasi dan informasi yang penulis miliki. Mohon maaf bila ada salah kata atau tulisan yang kurang berkenan. Semoga tayangan sekilas video tersebut bisa memotivasi dan memberikan semangat bagi siapa saja yang membaca dan menontonnya. Selamat berprestasi dan maju terus pantang menyerah.

0 comments: