Saturday, 17 September 2011

PIMNAS XXIV UNHAS MAKASSAR, SEJARAH BARU BAGI UNSOED (Liputan kontingen UNSOED dalam PIMNAS 2011)


Siapa yang tak mengenal PIMNAS? Atau Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, yang merupakan ajang kompetisi terbesar bagi mahasiswa dalam skala nasional yang diselenggarakan oleh DP2M DIKTI rutin tiap tahunnya. PIMNAS tahun 2009 diselenggarakan di UNIBRAW, tahun 2010 di Universitas Maharaswati Bali, tahun 2011 di UNHAS Makassar, dan tahun 2012 nanti di UII Jogjakarta.

 Sebelumnya mahasiswa di setiap kampusnya membuat proposal PKM-(P,T,M,K) atau PKM-GT dan PKM-AI (hanya PKM-AI yang tidak diikutkan di PIMNAS). Berdasarkan data Dit. Litabmas DIKTI Kemendiknas tahun 2011 jumlah proposal PKM yang diseleksi berjumlah 23.898 Proposal, kemudian yang lolos seleksi tahap I (administrasi) berjumlah 16.432 proposal, setelah itu dilakukan seleksi tahap II dan yang lolos berjumlah 6.901 proposal dan yang lolos didanai dari DIKTI untuk tahun 2011 ini adalah berjumlah 5.063 proposal. Dari jumlah 5.063 proposal ini dari UNSOED berhasil meloloskan 69 proposal PKM (dari 106 proposal) yang didanai DIKTI tahun 2011. Setelah itu dilakukan MONEV (monitoring dan evaluasi), dari 69 proposal hanya 1 proposal yang berhasil lolos untuk mengikuti PIMNAS XXIV di Universitas Hasanuddin Makassar tahun 2011 ini. Selain itu, tuan rumah UNHAS juga mengadakan Lomba Karya Tulis Penunjang PIMNAS XXIV yang meliputi: Bidang Lingkungan, Bidang Kemaritiman (bidang IPTEK Kelautan dan bidang Sosial budaya) serta Bidang Kewirausahaan. Dalam hal ini ada 4 tim dari UNSOED yang lolos untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Penunjang PIMNAS yang terdiri dari 2 tim bidang Lingkungan, 1 tim bidang kemaritiman IPTEK, dan 1 tim bidang kemaritiman sosial budaya (keempat tim ini semuanya berasal dari Fakultas Biologi). Sehingga pada tahun 2011 ini ada 5 tim delegasi UNSOED (1 tim PKM-K dan 4 tim Lomba Penunjang) yang berangkat mengikuti PIMNAS XXIV di Universitas Hasanuddin Makassar dari tanggal 18-22 Juli 2011.


Senin (19/7/2011) grand opening PIMNAS XXIV tahun 2011 begitu semarak dahsyatnya, meriah, dan luar biasa. Warna warni almamater dari duta masing-masing perguruan tinggi se-Indonesia berkumpul di Baruga Andi P. Pettarani (Auditorium UNHAS). 1714 mahasiswa dari 91 PTN/PTS se-Indonesia berkumpul di ajang ilmiah yang paling bergengsi ini. Mereka adalah orang-orang yang terbaik diantara yang terbaik (kata PR3 UNHAS dalam sambutannya). Usai pembukaan para peserta PIMNAS untuk kategori PKM menuju ruang presentasi masing-masing. Selain itu, para peserta yang lain mengikuti Seminar Nasional Lingkungan oleh Menteri Kehutanan RI dan diisi hiburan juga oleh Ebiet G.A. Seusai acara tersebut dilanjutkan aksi penanaman pohon di sekitar Rusunawa UNHAS oleh Menhut dan para peserta delegasi masing-masing universitas yang diberi tanda dan dinamai sesuai asal kampusnya masing-masing. Tanggal 19-20 Juli 2011 para peserta PIMNAS untuk PKM-(K,T,M,P, dan GT) melakukan presentasi di tempat yang berbeda-beda sesuai dengan bidangnya masing, sedangkan untuk Lomba Karya Tulis Penunjang (Lingkungan, Kemaritiman, dan Kewirausahaan) juga melakukan presentasi di tempat yang berbeda pada tanggal 20-21 Juli 2011.

Kamis (21/7/2011) juga diadakan penilaian Lomba Poster dan Gelar Produk PKM di gedung Teaching Industry. Di tempat inilah produk-produk kreasi para mahasiswa di pamerkan dan akan dinilai oleh dewan juri berjumlah 12 orang. Produk-produk unik, menarik, kreatif, dan inovatif hasil karya mahasiswa sungguh luar biasa, yang terdiri dari produk-produk PKMK, PKMP, PKMM, PKMT, dan PKMGT.
Kamis (21/7/2011) pukul 19.00 WITA semua peserta PIMNAS sudah memenuhi Baruga A.P Pettarani untuk mengikuti closing ceremony PIMNAS XXIV dan sekaligus pengumuman pemenang semua jenis perlombaan. Sorak sorai, canda tawa, teriakkan yel-yel bergema di dalam Baruga ini. Warna warni almamater berkumpul dalam satu kelompok sesuai kampusnya masing-masing. Kampus yang jumlah pesertanya banyak lebih terdengar gema dan teriakkan yel-yelnya. Mulai dari Sabang sampai Merauke, dari pulai Miangas sampai pulau Rote terdengar bergelora. Begitu hebohnya semangat para peserta PIMNAS yang begitu membara. Apalagi ketika paduan suara UNHAS menyanyikan lagu Garuda di Dadaku dan lagu Bendera, semuanya ikut menyanyikan dan seakan-akan membakar semangat mereka yang menjulang-julang tinggi. Jiwa nasionalisme muncul begitu dahsyatnya, merasakan akan keragaman yang berbeda-beda, suku, budaya, dan bahasa, terasa menjelma dalam sanubari mereka. Suportifitas, saling menghargai, dan mengapreasiasi satu sama lain terasa begitu indahnya.

Tibalah saat-saat yang dinanti yaitu pengumuman para pemenang. Pertama, untuk kategori lomba penunjang PIMNAS (akan tetapi tim dari UNSOED tidak ada yang berhasil lolos sebagai juara), kemudian pengumuman lomba poster dan produk PKM, setelah itu pengumuman untuk kategori PKM-(P,T,K,M, dan GT). Untuk PKMGT ada 2 kategori (PKMGT 1 dan PKMGT 2), PKMM ada 3 kategori (PKMM 1, PKMM 2, dan PKMM 3), PKMK ada 4 kategori (PKMK 1, PKMK 2, PKMK 3, dan PKMK 4), PKMT ada 3 kategori (PKMT 1, PKMT 2, dan PKMT 3), dan untuk PKMP ada 4 kategori (PKMP 1, PKMP 2, PKMP 3, dan PKMP 4). Masing-masing kategori tiap PKM tersebut mendapatkan juara yang secara berturut-turut untuk juara 1 (setara emas), juara 2 (setara perak), juara 3 (setara perunggu), dan juara terfavorit (harapan). Secara umum, PIMNAS XXIV ini juara umumnya adalah UGM, peringkat kedua adalah ITS dan peringkat ketiga adalah UNNES. Untuk kategori PKMK 4, tim PKMK UNSOED (Ankardiansyah Pandu, dkk) berhasil meraih juara 2 (setara perak) dengan judul “Jasa pengembangan karakter menggunakan Hipoterapi dan Neuro Linguistic Programming (NLP)”. Ini merupakan sejarah baru bagi UNSOED karena sepanjang dalam perjalanan PIMNAS, baru pertama kalinya tahun 2011 ini UNSOED mendapatkan juara dalam PIMNAS. Pak Mul (bagian Kemahasiswaan UNSOED yang selama ini mengurusi PKM-PKM mahasiswa UNSOED mulai dari pengumpulan sampai pengiriman ke DIKTI) pun sampai meneteskan air matanya serasa haru melihat dan mendengar tim PKMK UNSOED mendapatkan juara tersebut. Selamat buat tim PKMK UNSOED…!!!,

semoga kemenangan ini dapat memacu dan memotivasi para mahasiswa UNSOED dalam penulisan PKM di tahun-tahun berikutnya. Karena kita pun bisa bersaing, bersanding, dan berkompetisi dengan mahasiswa-mahasiswa perguruan tinggi yang lain. Kalau ada kemauan, niat, usaha dan jerih payah yang gigih kita pun bisa seperti mereka. (Terinspirasi dari mata kucing terciptalah reflektor cahaya, terinspirasi dari lumba-lumba terciptalah kapal selam super cepat, dan terinspirasi dari tulisan ini, semoga bisa MENGINSPIRASIKAN bagi teman-teman semua untuk menulis dan menemukan gagasan baru yang kreatif dan inovatif untuk mengharumkan almamater kita di kancah nasional maupun internasional).

JAYALAH SELALU LASKAR SOEDIRMAN…….., MAJU TERUS PANTANG MENYERAH DUTA-DUTA UNSOED DALAM PIMNAS XXV NANTI DI UII JOGJA TAHUN 2012……!!!!

0 comments: