Monday, 12 November 2018

Cara Urus (Sendiri) Perpanjangan Plat Beda Daerah


            Setiap urusan itu sebenarnya mudah kalau kita tahu caranya. Sama halnya saat kita mengurus perpanjangan STNK maupun perpanjangan plat motor. Banyak yang bilang prosesnya ribet dan lama administrasinya. Apalagi kalau lewat calo, tentu biayanya akan lebih mahal. Apalagi salah satu syarat kalau mau perpanjang plat 5 tahunan adalah harus bawa motornya juga ke samsat. Padahal saat ini domisiliku di Depok dan motornya juga berada di Depok. Sementara plat motorku adalah G (Tegal), apakah harus membawa motorku pulang ke Tegal dan mengurusnya di samsat Tegal?

            Sebelumnya aku sudah tanya-tanya ke teman dan keluargaku yang di Tegal tentang hal ini. Ternyata memang betul jika ingin memperpanjang plat motor 5 tahunan harus membawa motornya ke samsat juga karena ada cek fisik motor. Kalau harus membawa motor pulang ke Tegal tentu akan sangat repot, memakan biaya banyak dan cukup menyita waktu. Terus aku dapat informasi lain dari temanku, jika motor kita berada di daerah (kota) lain maka boleh mengurus cek fisiknya di samsat terdekat. Akan tetapi untuk proses untuk perpanjangannya tetap dilakukan di samsat asal motor kita. Kali ini aku akan berbagi sedikit informasi tentang tata cara pengurusan perpanjangan plat motor beda daerah. 

Langkah pertama, pastinya adalah datang ke kantor samsat terdekat. 

Karena saya saat ini sedang berdomisili di Depok, maka saya mengurus untuk cek fisik motor saya di Samsat Kota Depok. Berikut ini adalah langkah-langkah saat kita sudah tiba di samsat:

1.      Cek Fisik Motor



Saat masuk ke gerbang samsat, bertanyalah ke petugas loket untuk cek fisik berada di sebelah mana. Karena biasanya loket untuk cek fisik berbeda dengan loket perpanjangan SIM ataupun STNK. Kalau di Samsat Depok setelah pintu masuk, lurus sedikit lalu belok kanan. Setelah tiba di lokasi, petugas akan mengecek fisik motor kita yaitu nomor rangka dan nomor mesin motor dengan kertas yang sudah disediakan oleh petugas.

2.      Daftar ke Loket Pendaftaran



Setelah cek fisik motor, langsung menuju ke loket pendaftaran. Syarat yang harus dipersiapkan adalah STNK asli dan kertas cek nomor rangka dan nomor mesin yang sudah dilakukan sebelumnya oleh petugas di bagian cek fisik motor. Sebelumnya info dari teman katanya harus membawa BPKB asli dan KTP asli. Akan tetapi kalau di Samsat Depok cukup melampirkan STNK asli saja. Berkas tersebut dimasukkan ke dalam map. Setelah itu tunggu panggilan selanjutnya. Prosesnya tersebut kurang lebih hanya sekitar 5 menit.

3.      Pembayaran dan Terima Berkas



Setelah nama kita dipanggil kita akan menerima berkas pengesahan bukti cek fisik motor tersebut dan kalau di Samsat Depok dikenakan biaya Rp. 50.000,- untuk pengurusan hal tersebut. Setelah kita bayar, baru kita terima berkas tersebut yang selanjutnya akan kita gunakan untuk pengurusan perpanjangan plat di samsat asal daerah motor kita. Berkas inilah yang nantinya akan saya lampirkan saat pengurusan di Samsat Tegal


Langkah Kedua, Pengurusan di Samsat Tegal

Sebelum datang ke samsat, pastikan kita bawa persyaratan yang harus dibawa. Seperti berkas hasil gesek mesin yang sudah distempel (berkas yang diurus di Samsat Depok), BPKB asli dan KTP asli. Semua persyaratan dimasukkan ke dalam map.


Berikut tahapan saat di Samsat Kab. Tegal (seperti tertera di foto):

1. Legalisir berkas cek fisik mesin yang dari Samsat Depok

    Langsung saja datang ke loket ini untuk minta stempel legalisir berkas yang sudah kita bawa sebelumnya, yaitu berkas cek fisik yang dari Samsat Depok

2. Daftar di loket 1 & menyerahkan semua berkas persyaratan

Loket 1 yang pojok kanan untuk pendafatran dan menyerahkan berkas persyaratan

3. Pembayaran di loket 2 dan tunggu namanya dipanggil

Loket 2 yang sebelah kiri dari foto ini (loket untuk pembayaran)


4. Pengambilan STNK yang baru

Loket pengambilan STNK yang baru. Tunggu sampai nama kita dipanggil

5. Pengambilan plat yg baru

Loket pengambilan plat yang baru

6. Plat baru siap dipakai



0 comments: