Tuesday, 8 June 2021

Review Buku "The 5.0 Leader"

Judul : The 5.0 Leader 

Penulis: Ryan Martian 

Penerbit: PT Litera Media Tama

Jumlah halaman: 192 hlmn


Buku ini membuka wawasan baru tentang kepemimpinan dan manajerial generasi milenial. Generasi yang memiliki karakteristik unik, kreatif dan kekinian. Generasi ini sudah mendominasi angkatan kerja di dunia, termasuk di Indonesia. Sebagian para  pemimpin menganggap generasi milenial dan generasi setelahnya sebagai virus yang membahayakan organisasi. Perbedaan pola pikir dan karakteristik dari tiap generasi tersebut menjadi salah satu pemicunya. Mulai dari silent generation (terlahir tahun 1925-1942), baby boomers (terlahir 1943-1960), generasi X (terlahir 1961-1980), generasi milenial (terlahir 1980-1995) hingga generasi Z (terlahir 1995-2012). Era industri 4.0 telah berpengaruh terhadap pola perilaku, karakteristik dan cara kerja dari para lintas generasi tersebut. Dalam buku ini secara spesifik membahas tentang mengelola generasi milenial hingga generasi Z, mulai dari memahami karakteristik tim milenial, berkomunikasi dengan tim milenial, hingga menggerakkan tim milenial dalam dunia kerja. 

Seorang pemimpin harus memahami karakteristik milenial. Jika generasi sebelumnya bekerja untuk uang, berbeda dengan milenial. Mereka mencari aktualisasi diri. Kita tidak bisa melawannya, tetapi justru harus mengelolanya sebaik mungkin dengan memahami perilaku mereka di tempat kerja. Seorang pemimpin harus terus mengembangkan keahlian dan tidak bisa terus mengandalkan metode konvensional. Sebelum memimpin generasi milenial, kita harus mengubah pola pikir (mindset) kita terlebih dahulu. Mindset yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin pada era digital antara lain: bukan mengejar laba tapi mewujudkan visi, bukan memberikan perintah tapi melayani dan menginspirasi tim, bukan hubungan vertikal tapi hubungan horizontal, bukan menyusun kekuasaan hierarki tapi membina jaringan, bukan menilai senioritas tetapi mengapresiasi kapabilitas, dan bukan mengerjakan apa, tetapi fokus pada siapa terlebih dahulu.


The 5.0 Leader adalah sebuah buku yang mengupas dengan gamblang dan detail cara memimpin generasi digital, era baru yang pasti membutuhkan referensi kepemimpinan yang juga baru. The 5.0 leader menggabungkan konsep  ketrampilan manajerial baku dan dan keterampilan kepemimpinan generasi terkini. Sederhananya leader focus on people, manager focus on business. Leadership dan manajerial tidak bisa dilepaskan satu dengan yang lainnya. Keduanya berkontribusi bagi pertumbuhan organisasi. Secara sederhana tugas manager  adalah planning, organizing, actuating, controlling dan evaluating. Sementara tugas leader adalah inspiring, motivating, serving, empowering dan coaching. Adapun untuk menjadi The 5.0 Leader ada lima elemen dasar yang harus dilakukan oleh pemimpin tersebut yaitu: 

1. Menginspirasi melalui visi yang jauh ke depan (inspiring)

2. Memotivasi dan membesarkan hati orang yang dipimpinnya (motivating)

3. Menginisiasi dan melayani tim dalam perubahan dan perbaikan (serving)

4. Memberdayakan orang yang dipimpinnya (empowering)

5. Mendampingi pencapaian tim (coaching)



#OneMonthOneBook

#ReadReviewShare

0 comments: