Thursday, 11 February 2016

Hijaunya Danau Tolire Nan Eksotis


Bertualang ke Maluku Utara tak henti-hentinya kita bisa menemukan panorama alam yang memukau. Tak hanya lautnya, pulau dan daratannya pun menyuguhkan relief nan elok. Di sela-sela liburan dalam menjalankan tugas pengabdianku, aku beberapa kali berkunjung ke Ternate. Salah satu spot yang membuatku decak kagum adalah Danau Tolire. Danau ini terletak di bawah Kaki Gunung Gamalama Ternate, Maluku Utara. Hijaunya Danau Tolire ini terlihat sangat alami dan memancarkan kilau yang menentramkan. Danau ini terbagi menjadi dua yaitu Tolire besar dan Tolire kecil. Konon menurut cerita salah satu temanku yang tinggal di Ternate, katanya Danau Tolire ini dahulunya adalah sebuah kampung dan terdapat harta karun peninggalan bangsa Portugis yang ada dalam danau tersebut.

Danau yang berbentuk seperti mangkuk raksasa ini memiliki keunikan tersendiri. Yaitu kalau melempar batu ke tengah danau ini sekuat apa pun tidak akan pernah sampai. Awalnya aku juga bingung dan penasaran dengan hal tersebut. Oya tak usah khawatir kalau susah mencari batu. Karena banyak warga sekitar juga yang menjual batu-batu kecil di dekat danau ini. Aku pun mencoba melempar batu ke tengah-tengah danau, tapi tak sampai juga. Batu yang ku lempar tak sampai jatuh mengenai danau tapi jatuh di tepi jauh dari danau. Mungkin karena ada tekanan yg cukup kuat yg melawannya. Entahlah. Aku sebenarnya masih penasaran dan pengin membuktikannya secara ilmiah.

Satu lagi yang khas dari Tolire ini adalah menjadi habitat aneka macam jenis aves. Tolire menjadi tempat tinggal dari burung-burung yang ada di Ternate seperti burung Elang, Kakaktua, Cekakak, Betet, Titihan Telaga dan puluhan jenis aves lainnya. Mungkin ini karena alamnya yang masih asri dan pepohonannya yang rindang. Udaranya yang sejuk, panoramanya yang eksotis dan lukisan hutan yang menghiasi hamparan Gunung Gamalama ini membuat kita menikmati sensasi alam yang natural ini. Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? Bagi kamu yang suka travelling, jika berkunjung ke Ternate, jangan lupa mampir ke danau ini. Rasakan sensasi danaunya dan nikmati kesejukan alamnya

NB: Tulisan ini sedang diikutsertakan juga dalam lomba travelling National Geograhic



0 comments: